Sunday, January 8, 2012

Anonyponymous

Anonyponymous: The Forgotten People Behind Everyday WordsAnonyponymous: The Forgotten People Behind Everyday Words by John Marciano
My rating: 4 of 5 stars

Mulanya buku ini dibaca karena iseng. Di dalam taksi, jalanan macet, tidak bawa buku pula, daripada bengong aku pun membuka ponsel dan mencari ebook yang lumayan sedikit halamannya. Jreng! Terpilihlah buku ini dengan manisnya. Baca satu halaman, dua halaman... eh, lha kok ya menarik. Jadi menyesal waktu taksi sudah sampai tujuan, karena aku terpaksa harus menutup ebooknya. Akhirnya sisa halaman kutamatkan dalam perjalanan pulang.

Jadi, seperti judulnya, buku ini memang tentang asal usul kata yang berasal dari nama seseorang, yang umumnya tidak diketahui banyak orang. Coverboy di sampul buku adalah salah satu contohnya, yaitu John Montagu, Earl of Sandwich yang ke-4, yang roti isi kegemarannya akhirnya dikenal dengan namanya.

Karena aku suka etimologi, jelas aku suka buku ini. Sebagian aku sudah tahu dari bacaan lain, seperti Algorithm berasal dari Al-Khwarizmi, Sadisme dari Marquis de Sade, Diesel dari Rudolf Diesel, dll. Tapi banyak pengetahuan baru dari buku tipis ini:

Cardigan : James Thomas Brudenell, Earl of Cardigan, yang memberi pasukannya rompi rajutan agar tidak kedinginan
Hooker : Fighting Joe Hooker, yang menempatkan para PSK di Washington DC di area tertentu yang akhirnya dinamai Hooker's Division.
Leotard : Jules Leotard, yang menemukan akrobat trapeze sekalian pakaian ketat untuk menonjolkan otot-ototnya.
Masochism : Leopold von Sacher-Masoch, yang menulis cerita tentang laki-laki yang suka disiksa oleh lawan jenisnya.
Shrapnel : Henry Shrapnel, pencipta bola meriam yang bisa meledak
Silhouette : Etienne de Silhouette, menteri keuangan Prancis yang segitu tidak kompetennya, sehingga segala sesuatu yang dibuat dengan murahan dijuluki a la Silhouette (Silhouette banget!), termasuk membuat lukisan tanpa gambar, hanya bagian hitamnya saja.
Hari-hari dalam bahasa Inggris:
- Sunday, Sun-day
- Monday, Moon-day
- Tuesday, Tiw's day (dewa Viking yang mana nih?)
- Wedneysay, Woden's day (dewa Viking juga)
- Thursday, Thor's day (yang ini dewa Viking anggota The Avengers, kan?)
- Friday, Frig's day (dewa Viking juga)
- Saturday, Saturn's day (balik ke dewa Romawi)
Dan asal-usul kata lainnya dari A sampai Z, lengkap dengan imbuhan latar belakangnya masing-masing.

Ups, geek mode on deh... ;)





View all my reviews

No comments:

Post a Comment