Tuesday, January 10, 2012

Starman

John Carpenter's Starman: A NovelJohn Carpenter's Starman: A Novel by Alan Dean Foster
My rating: 4 of 5 stars

Filmnya rilis 25 tahun yang lalu, saat pemeran utamanya, Jeff Bridges, masih sangat muda (jauh lebih muda dari profilnya di film Iron Man apalagi Crazy Heart XP). Aku menonton filmnya di salah satu tayangan film minggu siang tahun 90-an, entah TVRI atau RCTI, and I love it.

Ceritanya sederhana tapi indah, tentang alien cinta damai dalam misi mengobservasi kehidupan di bumi. Untuk dapat beradaptasi dengan kondisi bumi, ia mengkloning tubuh manusia dari sejumput rambut seorang pria yang sudah meninggal dunia, Scott Hayden (Jeff Bridges). Karena ia hanya bisa bertahan maksimal tiga hari dengan tubuh barunya, maka ia meminta bantuan janda Scott Hayden, Jenny Hayden (Karen Allen) untuk mengantarnya dari Wisconsin, tempat pesawatnya mendarat darurat, ke Arizona, tempat penjemputannya.

Banyak hal terjadi sepanjang perjalanan lintas Amerika itu, yang menarik adalah observasi sang alien atas dunia dan perilaku manusia yang primitif untuk ukuran peradabannya. Ia juga sekaligus meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya sepanjang perjalanan, yang seringkali terkontaminasi bahasa tidak sopan yang tidak disadarinya, namun jadi bikin jengah teman seperjalanannya. Dan tentu saja, ia juga mempelajari cinta. Define love, katanya saat Jenny menyinggung satu kata itu.

Sebagai tambahan, tentu saja kalau temanya alien, sudah sewajarnya ada pihak pemerintah yang terlibat, khususnya militer, yang khawatir akan maksud dan tujuan kedatangan alien tersebut. Jadi sepanjang perjalanan mereka dikejar-kejar bagai buronan. Jadi mirip film E.T. sih, tapi bedanya ceritanya lebih dewasa dan aliennya ganteng tidak keriputan XD.

I love the movie, and I love this book.

View all my reviews

No comments:

Post a Comment