Saturday, January 7, 2012

What If Nazi Won The War

FatherlandFatherland by Robert Harris
My rating: 4 of 5 stars

Aku suka cerita-cerita alternate world seperti setiap episode serial TV Sliders. Membuat imajinasi kita berkelana membayangkan berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi seandainya jalan sejarah tidak seperti yang kita ketahui.

Jika film Inglourious Basterds mengisahkan Hitler cs tewas lebih cepat dari waktunya, novel ini mengisahkan bagaimana seandainya Jerman menjadi pemenang Perang Dunia II, di mana Rusia kalah perang tahun 1943 dan Churchill harus kabur ke Kanada tahun 1944. Di dunia ini, Kekaisaran Jerman menggantikan Uni Sovyet sebagai musuh Perang Dingin AS, dan AS mendukung perjuangan gerilyawan Rusia dengan uang dan senjata.

Ini bukan novel perang, kehidupan di Jerman dua puluh tahun setelah perang berakhir hanya latar belakang kisah ini. Kisah detektif biasa yang dimulai dengan penemuan mayat di tepi danau, namun ternyata ternyata akan mengungkapkan misteri yang luar biasa: ke mana perginya jutaan Yahudi Eropa pada saat Perang Dunia II.

Sejarah memang ditulis para pemenang perang, pihak yang berkuasa. Bagaimana bila rakyat Jerman dan seluruh dunia tidak pernah tahu apa yang dilakukan Nazi pada kaum Yahudi Eropa pada Perang Dunia II? Apa langkah-langkah yang dilakukan pihak penguasa agar fakta yang sebenarnya tak pernah muncul ke permukaan?




View all my reviews If

No comments:

Post a Comment