Sunday, October 26, 2014

Frozen Heat

Frozen HeatFrozen Heat by Richard Castle
My rating: 4 of 5 stars

Sejak mengetahui bahwa Castle memasukkan latar belakang dan alasan Beckett menjadi polisi sebagai latar belakang dan alasan Nikki Heat, tentunya yang ditunggu-tunggu pembaca adalah, kapan dan bagaimana misteri pembunuhan ibu Nikki Heat dituangkan dalam novel. Dan apakah Castle akan setia pada kisah asli, atau alur ceritanya akan benar-benar berbeda?

Ternyata... ramuan Castle amat sangat berbeda.

Berawal dengan ditemukannya sesosok mayat beku dalam koper. Bukan mayat dalam koper biasa, karena Nikki Heat mengenali koper itu adalah koper milik ibunya, yang hilang di saat pembunuhan ibunya. Dengan demikian ada dua cold case (iya, ini pun) yang dapat dipecahkan secara bersamaan.

Kali ini pun Jameson Rook ikut campur dalam penyelidikan. Berdasarkan insting dan insight jurnalisnya, penyelidikan tidak hanya dilakukan di sekitar New York. Tapi juga di Boston, dan... Paris!

Dan ternyata oh ternyata... ibu Nikki adalah seorang... SPOILER ALERT ...spy CIA.

Nah, waktu menyusun buku ini, jelas Castle belum pernah bertemu dengan ayahnya yang juga seorang spy CIA. Jadi referensi yang digunakan jelas bukan kisah pribadinya, tapi ya... karena jelas ia sudah terbiasa menulis cerita mata-mata dengan serial Derrick Storm-nya.

Dan apakah selain berhasil mengungkap rahasia masa lalu ibunya, Nikki juga berhasil menemukan pembunuh ibunya?

Ya. Namun sang puppetmaster, meskipun identitasnya berhasil diketahui, berhasil lolos dari jangkauan hukum. Persis seperti kondisi dan kenyataan yang harus ditelan Detektif Kate Beckett. Yang jelas, akhir yang menggantung seperti ini dapat menjadi petunjuk bahwa tokoh tersebut masih akan muncul pada kisah hidup Nikki Heat selanjutnya.

Sebagai informasi tambahan, Precinct 20 kali ini dipimpin oleh kapten baru, Wallace Irons, dengan julukan Iron Man. Iya, seharusnya karakter ini counterpart buat Kapten Victoria Gates yang berjulukan Iron Gates, tapi selain jenis kelaminnya berbeda, sifatnya juga. Hanya nama julukan yang mirip.

Oke, pelajaran grammar Castle kali ini adalah :



Oh ya, btw, Detektif Malcolm dan Detektif Reynolds bukan sekedar numpang lewat rupanya. They are here to stay.

View all my reviews

No comments:

Post a Comment