Friday, May 1, 2015

The Client

Klien (The Client)Klien by John Grisham
My rating: 4 of 5 stars

Pertama kali dibeli dan dibaca pada bulan Agustus 1994.

Dibaca kembali dalam rangka Program BUBU pada tanggal 20 April 2015.

======================================================


Sinopsis:
Mark Sway, analk laki-laki berusia sebelas tahun, menyaksikan tindakan bunuh diri seorang pengacara New Orleans. Sebelum meninggal, sang Pengacara menceritakan pembunuhan atas seorang senator Louisiana. Pembunuhnya, anggota mafia, Barry Muldanno, akan segera diajukan ke pengadilan. Polisi, FBI, dan Jaksa Penuntut Umum Federal memaksa Mark membuka suara. Namun membuka suara berarti mengundang bahaya bagi dirinya serta keluarganya. Maka, Mark tetap menutup mulut rapat-rapat.

Untuk mewakilinya, Mark menyewa Reggie Love dengan bayaran satu dolar. Pengacara wanita ini ulet dan senang menolong anak-anak. Berdua mereka menghadapi tekanan serta ancaman dari kiri-kanak. Ketika semua jalan tampaknya telah tertutup, Mark mengusulkan suatu rencana-rencana gila yang berbahaya. Tapi hanya itu satu-satunya jalan yang mungkin berhasil.

Sekedar komentar:
Sudah lewat dari dua puluh tahun sejak pertama kali aku membaca novel ini. Tentu saja, sudah lazim apabila kita membaca salah satu buku favorit yang pernah menjadi bacaan kita dari sisi lain.

Dan komentarku setelah membaca buku ini lagi: D.u.h.

Kalau dipikir-pikir lagi, sebenarnya novel ini tak perlu tebal-tebal amat.

Kalau dipikir-pikir lagi, secara logika, dengan mengabaikan rasa takut si anak kecil, seandainya sejak awal Mark Sway jujur saja pada pihak berwenang tentang apa yang dialami dan didengarnya, dan masuk Program Perlindungan Saksi, maka urusan selesai. Pilihan yang diambilnya malah mempersulit keadaan dan memperpanjang masalah.

Tapi ya kalau seperti itu, memang tidak bakal ada cerita dan bisa-bisa novelnya malah jadi novelet, atau cerpen sekalian.

Rating buku ini kupertahankan dengan alasan sentimental karena aku menyukai buku ini waktu membacanya untuk pertama kali. Dan aku memang suka karakter Reggie Love yang diperankan oleh Sigourney Weaver pada versi adaptasi filmnya yang rilis pada tahun 1994.

Omong-omong, apa kabar Brad Renfro yang memerankan Mark Sway, ya? Setelah terakhir aku melihatnya berakting di Apt Pupil-nya Stephen King, aku belum pernah melihatnya lagi. Sedih memang kalau ada aktor muda yang bagus tersesat di jalan dan susah untuk kembali.

View all my reviews

No comments:

Post a Comment