Saturday, January 7, 2017

2016 Challenges Wrap Up & 2017 Challenges


Happy New Year!!!

Ini postingan pertamaku di tahun 2017, dan tanggal 7 Januari ini adalah tepat lima tahun sejak blog ini pertama kali merambah dunia maya.

Happy Blogiversary!!!

Tak terasa tahun 2016 sudah berlalu... dan kali ini, bagaimana hasil dari target-target yang kucanangkan di awal tahun 2016?

1. Goodreads Reading Challenge


Checked. 2043 buku dari target 2016 buku. Hampir tidak tercapai sih, tapi dikejar di injury time dengan banyak membaca komik Marvel. Dan kembali, target buku nonkomik tidak tercapai, hanya 900 dari 1000 buku. Oh, well... minimal ada peningkatan dari tahun sebelumnya.

2. New Authors Reading Challenge

Pencapaian proyek baca buku ala beli kucing dalam karung tahun ini menurun, hanya 178 orang penulis dari 229 penulis di tahun 2015. Kemungkinan besar karena tidak ada target angka sih, belum lagi dapat penulis barunya cuma secara kebetulan. Ada beberapa penulis yang bukunya kuponten lima bintang, tapi yang jadi favorit baru tentu saja Keigo Higashino!

3. Project Baca Buku Cetak

Tidak ada target khusus terutama dari tumpukan buku TBR kecuali mengurangi dari 3 kontener menjadi 1 kontener buku. Sepertinya target mengurangi timbunan ini tercapai, meskipun prosesnya sempat terganggu oleh belanja kalap di Big Bad Wolf. Sampai akhir 2016, tinggal 74 jilid buku cetak yang masih tercatat di rak to-read Goodreads. Not too bad lah.

4. Review Challenge

Mengulang tragedi tahun-tahun sebelumnya, lagi-lagi tantangan ini tak tercapai. Malah melorot jauh dari tahun lalu. Cuma sempat menulis 21 dari target 100 review!!! Alasan sih bisa dicari-cari, dan memang banyak faktornya, tapi terus terang usaha untuk mencapai target di sektor ini boleh dibilang tidak ada!


Oke, yang lalu biarlah berlalu. Sekarang kita lihat tantangan apa saja yang bisa dilakukan di tahun 2017 ini...


1. Goodreads Reading Challenge


Idem dengan tahun-tahun sebelumnya, target jumlah buku yang dibaca sama dengan tahun berjalan, jadi 2017 buku. Target buku nonkomik 1000 buku. Wah, belum apa-apa sudah behind schedule nih!

2. New Authors Reading Challenge

Daripada tidak ada target seperti tahun lalu, mending dicanangkan saja yuk. 200 penulis baru?

3. Project Baca Buku Cetak

Carry over dari proyek tahun 2016. Minimal bisa menurunkan tumpukan buku fisik TBR dari 74 menjadi 25 sepertinya sudah cukup bagus deh!

4. BBI Read and Review Challenge 2017



Sepertinya ini proyek yang paling berat... tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Selama tahun 2016 aku tidak mengikuti event review BBI sama sekali. Siapa tahu berkat event BBI tahun 2017 ini target review tahunan (baca: 100 Review) bakal tercapai.

Let's get started...


No comments:

Post a Comment